Selasa, 01 November 2011

SILABUS AQIDAH AKHLAQ MTs

       



PERANGKAT  PEMBELAJARAN
MADRASAH  TSANAWIYAH / MTs

    SILABUS PEMBELAJARAN   




MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK
KELAS IX SEMESTER 1





SILABUS

Madrasah        : MTs Ma’arif Munggung
Mata Pelajaran    : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester    : IX / I

Standar Kompetensi    : Akidah
      1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir


NO    Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Teknik Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar      
1    2    3    4    5    6    7    8      
1.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.    beriman kepada hari akhir.    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada  beriman kepada hari akhir dengan benar.    Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir    Tes tulis    1 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada hari akhir    Tes tulis              
1.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.    Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.    Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui berbagai literatur    Penugasan    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui dalil naqli.    Penugasan               
1.3    Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.    Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
    Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan hari akhir.
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.    Tes lisan    1 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                    Tes lisan           


1.4    Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir    Macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir    Menyebutkan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir    Tes lisan    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan dalil naqli tentang macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir    Tes lisan              
1.5    Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
    Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir    Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir    Menunjukkan contoh orang-orang yang beriman  pada Hari Akhir    Tes tulis    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan manfaat beriman  pada Hari Akhir
    Tes tulis           

Standar Kompetensi    : Akhlak
 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri


NO    Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Teknik Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar      
1    2    3    4    5    6    7    8      
2.1    Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Akhlak terpuji pada diri sendiri (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif)    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu    Tes tulis    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menjelaskan pengertian dan pentingnya kerja keras    Tes tulis               
                   Menjelaskan pengertian dan pentingnya kreatif     Tes tulis                 
                   Menjelaskan pengertian dan pentingnya produktif
    Tes tulis                
2.2    Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Tes lisan    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
    Tes lisan              
2.3    Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan    Nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif     Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan    Menyebutkan nilai-nilai positif dari berilmu dalam fenomena kehidupan     Penugasan    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam fenomena kehidupan     Penugasan                
                   Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam fenomena kehidupan     Penugasan                 
                   Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam fenomena kehidupan     Penugasan                 
2.4    Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.    Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan keluarga.    Self assesment    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan sekolah.    Self assesment               
                   Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan masyarakat.
    Self assesment             
       

Mengetahui
Kepala Madrasah




Moh. Ghufron Fuad, S.Ag
NIP.        Ponorogo, Juli 2010
Guru Bidang Studi




Moh. Ghufron Fuad, S.Ag
NIP. 197405312007101003   

       


PERANGKAT  PEMBELAJARAN
MADRASAH  TSANAWIYAH / MTs

    SILABUS PEMBELAJARAN   





MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAK
KELAS IX SEMESTER 2










SILABUS


Madrasah        : MTs Ma’arif Munggung
Mata Pelajaran    : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester    : IX / II


Standar Kompetensi    : Akidah
  3. Meningkatkan keimanan kepada Qadla’ dan Qadar


NO    Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Teknik Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar      
1    2    3    4    5    6    7    8      
3.1    Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.    Iman kepada Qadla’ dan Qadar.    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada  beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan benar.    Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.    Tes tulis    1 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadla’ dan Qadar.    Tes tulis               
                   Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.    Tes tulis                 
                   Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.     Tes tulis                 
                   Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.     Tes tulis                
3.2    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar    Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar    Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur    Penugasan    1 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.    Penugasan              
3.3    Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar    Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar    Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.    Tes tulis    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.    Tes tulis              
3.4    Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah    Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah    Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah    Penugasan    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadar Allah    Penugasan              
3.5    Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah    Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah    Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap terhadap qadha dan qadar Allah    Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah    Self assesment    2 x 40’    Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah    Self assesment           

Standar Kompetensi    : Akhlak
       4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja


NO    Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Teknik Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber
Belajar      
1    2    3    4    5    6    7    8      
4.1    Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Menjelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Tes tulis    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Tes tulis              
4.2    Mengidentifikasi bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Tes lisan    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Tes lisan              
4.3    Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan    Nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan    Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan    Menyebutkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan     Tes tulis
    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam fenomena kehidupan     Tes tulis
               
                   Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam fenomena kehidupan     Tes lisan                  
                   Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam fenomena kehidupan     Tes lisan              


4.4    Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja    Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif    Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.    Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan keluarga.    Tes tulis
    2 x 40     Buku Teks
Nara Sumber      
                Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan sekolah.    Tes tulis
               
                   Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan masyarakat.    Tes lisan             
 
Mengetahui
Kepala Madrasah





Moh. Ghufron Fuad, S.Ag
               NIP.        Ponorogo, Juli 2011
Guru Bidang Studi





Drs. Agus Sholeh   

       
                                                           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar